1. Tuliskan dan jelaskan 10 konsep terkait diferensiasi sosial 2. Tuliskan 1 kasus hate crime yg disebabkan islam fobia

3. Tuliskan 1 contoh kasus hate crime berbasis rasisme

4. Tuliskan 5 konsep terkait stratifikasi sosial

5. Tulis pengertian previladge dan berikan contoh previledge yg didapatkn berdasarkn keturunan, kekayaan, keilmuan,kekuasaan dan ketenaran​

Iklan
Iklan

Jawaban:

Nomer 1

Penjelasan:

Diferensiasi sosial adalah proses pemisahan atau pembedaan individu atau kelompok dalam masyarakat berdasarkan karakteristik atau kriteria tertentu, seperti status sosial, kelas sosial, ras, jenis kelamin, agama, dan sebagainya. Beberapa konsep terkait diferensiasi sosial antara lain:

Stratifikasi sosial: Proses pemisahan masyarakat menjadi beberapa lapisan atau strata sosial yang saling berbeda dari segi status, kekuasaan, dan hak.

Diskriminasi: Praktik penyingkiran, penindasan, atau perlakuan tidak adil terhadap seseorang atau kelompok tertentu berdasarkan karakteristik atau kriteria tertentu.

Dominasi: Keadaan di mana satu kelompok atau individu memiliki kekuasaan atau kelebihan terhadap kelompok atau individu lainnya.

Eksklusi sosial: Proses penyingkiran atau pengecualian seseorang atau kelompok tertentu dari kelompok atau masyarakat yang lebih luas.

Marginalisasi: Proses pengurangan atau penurunan partisipasi seseorang atau kelompok tertentu dalam kegiatan-kegiatan sosial, ekonomi, politik, dan sebagainya.

Sistem kelas sosial: Pembagian masyarakat menjadi beberapa kelas sosial yang saling berbeda dari segi status, kekayaan, dan kekuasaan.

Stigma sosial: Label atau tanda buruk yang melekat pada seseorang atau kelompok tertentu karena karakteristik atau kriteria tertentu.

Previledge: Keuntungan atau kelebihan yang diberikan kepada seseorang atau kelompok tertentu karena karakteristik atau kriteria tertentu.

Perbedaan sosial: Selisih atau ketidakserasian dalam masyarakat dari segi status, kelas, ras, jenis kelamin, agama, dan sebagainya.

Konflik sosial: Perselisihan atau perbedaan pendapat yang terjadi antara dua kelompok atau individu dalam masyarakat.

Iklan
Iklan