Iklan
Iklan

Jawaban:

1. Konflik Politik di Antara Warga

Perbedaan pendapat atau pandangan dalam ranah politik itu pasti akan sering terjadi di kehidupan masyarakat.

Apalagi dengan banyaknya pilihan kandidat dalam politik, misalnya dalam pemilihan Gubernur, Bupati, Walikota, atau bahkan Pemilihan Presiden, Anggota DPR, DPRD, yang membuat masyarakat berkonflik.

Misalnya pada saat melakukan kampanye atau adu strategi dalam kampanye untuk pemenangan. Itu hal yang sering terjadi dalam ranah politik antar sesama pendukung.

Lalu bagaimana cara mengatasi konflik di masyarakat Ya dengan melakukan strategi dan adu argumentasi sesuai realitas, tidak ada mengadu domba, tidak ada curang mencurangi, dan ingat pelajari dulu serta pahami segala sesuatu halnya sebelum bertindak.

2. Konflik Antar Suku di Masyarakat

Kalau kita melihat di Indonesia dengan kemajemukannya, sering kali menjadi pemicu terjadinya konflik karena perbedaan suku, etnis di kehidupan masyarakat.

Misalnya contoh perang antara suku a dan suku b yang terjadi akibat kesalahpahaman atau miskomunikasi. Lantas bagaimana cara mengatasinya ?

Ya dilakukan dengan cara melakukan toleransi antara suku yang ada dalam kehidupan masyarakat itu sendiri.

3. Konflik Agama antara Warga

Perbedaan pandangan maupu perspektif dalam berbagai agama memang terkadang menjadi pemicu konflik di kehidupan masyarakat.

Perbedaan itu bisa saja menjadi bumerang untuk setiap orang berbeda agama berkonflik.

Misalnya contoh adu pendapat antara tokoh agama (ulama) x dan tokoh agama (ulama) y, sehingga membuat para pendukungnya juga ikut berkonflik.

Lalu bagaimana cara mengatasi konfliknya ? Ya dengan tetap berpegang teguh pada nilai nilai toleransi dan mematuhi norma norma yang sudah menjadi konsensusSerta dapat menghargai, menghormati pendapat seseorang meskipun berbeda perspektif.

4. Konflik Ras di Antara Warga

Masyarakat bisa juga akan terjadi konflik antara ras yaitu misalnya contoh perang atau konflik orang kulit putih dan orang kulit hitam yang sering kita jumpai dalam masyarakat.

Lalu bagaimana cara mengatasinya ? Perlu dilakukan setiap orang untuk tenggang rasa dan saling menghargai, menghormati antar sesama warga tersebut.

5. Konflik Batin

Tanpa kita sadari ternyata konflik batin ini sering juga terjadi di dalam masyarakat. Misalnya contoh dilema saat diet tapi pingin ngemil dan makan terus.

Cara mengatasinya gimana ? Ya dengan membuat jadwal dan sering berolahraga agar dietnya dapat mencapai target.

6. Terjadi Pertengkaran antara Pelajar atau Siswa

Cara yang bisa ditempuh untuk mengatasi konflik pertengkaran antara pelajar yaitu dengan cara menasehatinya dengan baik-baik tidak menggunakan kekerasan

Iklan
Iklan