Iklan
Iklan

Jawaban:Seni Peran adalah Seni untuk berbuat seolah-olah menjadi seseorang untuk melakukan sebuah peran cerita.

Unsur-unsur seni peran:

Lakon atau Naskah

Unsur Penokohan / Peran

Unsur Tubuh

Unsur Suara

Unsur Penghayatan

Unsur Ruang

Unsur Kostum

Unsur Properti

Unsur Musikal

Pembahasan

Penjelasan unsur-unsur seni peran:

Lakon atau Naskah adalah naskah untuk melakukan cerita yang dilakukan oleh seorang Pemeran. Unsur ini sangant penting untuk menjalin hubungan cerita yang dibawakan pemeran.

Unsur Penokohan / Peran adalah pembagian karakteristik peran, untuk mendukung suatu tokoh. Contoh: bawang merah antagonis yang menimbulkan konflik, berbeda dengan protagonis.

Unsur Tubuh adalah Tubuh seseorang dengan seperangkat anggota badan dan ekspresi wajah merupakan unsur penting yang perlu diperhatikan oleh seorang seniman teater. Tubuh harus sesuai untuk pemeranan suatu seni seperti gerakanya, ekspresi dan lainya

Unsur Suara adalah Suara, atau vokal adalah salah satu unsur utama yang digunakan untuk menyampaikan pesan dan dialog dari Seni Teater.

Unsur Penghayatan adalah penghayatan atau penjiawaan, sangatlah penting ketika memerankan suatu peran. Karena akan berdampak pada kualitas ketika tampil.

Unsur Ruang merupakan ruang imajinasi yang diciptakan pemeran guna mengolah posisi dan tubuh. Contohnya, melalui gerak besar seperti wajah marah, pemeran akan memberikan suasana; sombong/angkuh, menguasai, agung, perbedaan status, dan kebahagiaan atau justru tampak marah.

Unsur Kostum adalah tentang kostum memberi dampak banyak seperti memperjelas watak tokoh. Semisal tokoh dengan kostum yang merah dan menakutkan menjelaskan tokoh tersebut pemarah.

Unsur Properti adalah semua peralatan yang digunakan pemain ketika dipanggung seni. Seperti tas, top, untuk pemeran dan lainya.

Unsur Musikal adalah unsur pembangun suasana laku seni peran di atas pentas. Contoh: irama suasana hati.

Semoga membantu :)

Iklan
Iklan