Iklan
Iklan

Jawaban:

jual beli haram menurut islam

Penjelasan:

5 Contoh Jual Beli Terlarang Menurut Islam

Di dalam ajaran islam, masalah ekonomi pun menjadi bagian atau hal yang diatur. Islam bukan hanya mengatur masalah spiritualitas hubungan manusia dengan Allah melainkan mengatur keseluruhan hidup manunsia di berbagai sektor. Untuk itu, islam dengan masalah-masalah sektoral kehidupan manusia lainnya sangat berkaitan erat baik di aspek landasan atau bersifat prinsip dan teknis.

Dalam masalah ekonomi pun islam memberikan rambu-rambu sebagai landasan atau acuan manusia menjalaninya. Hal ini misalnya masalah Transaksi Ekonomi dalam Islam, Contoh Transaksi Ekonomi dalam Islam, Prinsip-prinsip Ekonomi Islam, Tujuan Ekonomi Islam, Ekonomi Dalam Islam, Hukum Ekonomi Syariah Menurut Islam, Macam-macam Riba, Hak dan Kewajiban dalam Islam, Fiqih Muamalah Jual Beli, dan Jual Beli Kredit Dalam Islam

Islam tidak melarang adanya inovasi, perkembangan teknologi, atau modivikasi sistem ekonomi selagi perkembangan tersebut tentu masih berdasarkan kepada landasan islam yang adil, seimbang, dan memberikan kemakmuran bagi semua orang.

Karakteristik Ekonomi Islam

Karakteristik ekonomi islam sangatlah berbeda dengan konsep ekonomi lainnya. Konsep ekonomi islam tidak menitikberatkan perkembangan ekonomi hanya kepada orang tertentu, pemilik modal ataupun seseorang tertentu saja. Hal ini tentu berbanding terbalik dengan konsep ekonomi liberal yang sangat menitikberatkan perkembangan dan kemajuan ekonomi hanya pada pemilik modal, sedangkan pada manusia yang kurang mampu atau miskin tidakmendapatkan perhatian.

Tentu sangat berbeda dengan islam. Islam mengangkat kaum yang lemah dengan membuat kewajiban mengeluarkan zakat, infaq, sedekah dari orang-orang mampu pada yang miskin. Hal ini dibuat agar umat manusia tidak hanya orang-orang atau kelompok tertentu saja yang dapat maju dan berkembang melainkan juga semuanya. Untuk itulah aturan islam senantiasa mengarah kepada Rahmatan lil alamin.

Akan tetapi, ekonomi islam juga sangat berbeda dengan ekonomi sosialis. Islam masih menghargai hak milik pribadi atau seseorang. Untuk itu, dalam islam ada istilah harta keluarga, harta waris, dan lain sebagianya. Seseorang yang bekerja dan memiliki harta tentu saja itu adalah harta miliknya. Walaupun begitu, harta tersebut juga memiliki kewajiban untuk dikeluarkan agar memberikan kesejahteraan pada sosial. Untuk itulah Allah mengangkat tinggi derajat orang-orang yang mengalirkan hartanya di jalan Allah.

Studi Kasus Jual Beli yang Diharamkan

Dengan landasan yang sudah dijelaskan melalui karakterstik ekonomi islam di atas, berikut adalah berbagai contoh jual beli yang diharamkan islam. Tenutnya umat islam harus mengetahui Contoh Jual Beli Terlarang tersebut, agar tidak terjebak kepada jual beli yang haram.

Jual Beli Barang Haram

Salah satu jual beli yang diharamkan oleh islam adalah jual beli barang yang haram. Jual beli barang haram ini seperti misalnya menjuual obat-obatan terlarang, menjual minum-minuman berakohol, makanan haram, atau hal-hal yang berasal dari proses yang juga haram seperti hasil korupsi, hasil pencurian, dsb.

Jual beli seperti itu tentu adalah jual beli yang haram karena syarat jual beli adalah niat dan produk yang dijual harus dipastikan terlebih dahulu kehalalalannya. Banyak sekali tentunya proses jual beli yang terkadang melanggar proses hukum islam. Walaupun hasil keuntungannya sangat banyak tentu hukum ekonomi tidak hanya dilihat dari satu aspek. Hal tersebut juga perlu dilihat bagaimana dampak dan manfaatnya kepada seluruh aspek. Misalnya aspek moral, kultur atau budaya, dan pendidikan.

Penjualan dengan Mengurangi Timbangan

Penjualan yang juga dilarang dan diharamkan oleh islam adalah ketika dikurangi-nya timbangan. Tentu hal ini menipu dan juga melanggar kesepakatan transaksi jual beli. Hal ini sebagaimana disampaikan dalam Al-Quran bahwa manusia yang mengurangi timbangan dalam proses penjualan akan mendapatkan balasan Allah kelak di akhirat.

TERIMA KASIH

17

3,8

(14 pilih)

Lencana tidak terkunci menunjukkan dua tangan membuat bentuk hati di atas lingkaran merah muda

Apakah jawaban ini membantu? Ucapkan terima kasih dan buka lencana

Masuk untuk menambahkan komentar

Sedang mencari solusi jawaban B. Arab beserta langkah-langkahnya?

Pilih kelas untuk menemukan buku sekolah

Kelas 5

Kelas 6

Kelas 7

Kelas 8

Kelas 9

Kelas 10

Kelas 11

Kelas 12

Iklan

Ada pertanyaan lain?

CARI JAWABAN LAINNYA

TANYAKAN PERTANYAANMU

Pertanyaan baru di B. Arab

Jawab: 9. Bagaimana pendapatmu jika ada orang yang tidak mengimani adanya hari akhir? Jawab: L hidungn di bori akhir?

perasaan kalian setelah mempelajari materi kemukjizatan al-quran

tolong dikoleksi dong,mana tau ada yang salah (kalau ada yg salah tolong berikan kenapa bisa begitu).sekian dan terima kasih!!!! 1. قَرَأَ عَائِشَةٌ …كِتَابَ 2.رَأَيْتُ عَلِيٌّ طَبِيْبَيْنِ 3.اِشْتَرَى فَاطِمَةٌ كُرْسِيَّاتِ

Qobiltu ijazah artinya

Kak... Tolong buatin Pidato bahasa arab tentang moderasi beragama

Sebelumnya

Berikutnya

Tanyakan pertanyaanmu

Iklan
Iklan