Iklan
Iklan

Jawaban:

1. b. perbedaan ukuran partikel komponen campuran

2. b. pelarutan, kemudian penyaringan dan penguapan

3. c. kristalisasi

Penjelasan:

1. Filtrasi (penyaringan), Metode pemisahan yang digunakan untuk memisahkan cairan dan padatan yang tidak larut dengan menggunakan penyaring (filter) berdasarkan perbedaan ukuran partikel. Metode pemisahan antara zat padat dan zat cair, di mana ukuran zat padat cukup besar.

2. Dalam industri pembuatan garam, garam dapur diperoleh dari air laut dengan cara pengkristalan (kristalisasi). Air laut dialirkan ke dalam tambak-tambak yang terkena paparan langsung sinar matahari sehingga airnya menguap. Air laut semakin lama semakin pekat dan ketika sampai pada titik jenuhnya, garam mulai mengkristal. Garam yang diperoleh belum begitu bersih. Untuk memperoleh garam yang bersih dilakukan proses rekristalisasi (pengkristalan kembali), yaitu dengan melarutkan garam ke dalam air, larutannya disaring dan filtrat (komponen campuran yang melalui kertas saring), kemudian diuapkan kembali sehingga diperoleh kristal garam yang lebih bersih.

Dengan demikian, metode pemisahan garam dengan pasir adalah pelarutan, filtrasi, dan evaporasi.

3. Pembahasan:

Metode pemisahan campuran banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari seperti penjernihan air dan pembuatan garam dapur. Ada beberapa metode pemisahan campuran yang dapat dilakukan.

1. Filtrasi (penyaringan)

Pemisahan campuran dengan penyaringan didasarkan pada perbedaan ukuran partikel zat penyusun. Contohnya memisahkan air dan pasir.

2. Sentrifugasi

Metode ini didasarkan pada perbedaan berat molekulnya Contohnya memisahkan sel-sel darah merah dan sel darah putih dari plasma darah. Padatan sel darah merah dan sel darah putih akan mengumpul di dasar tabung reaksi, sedangkan plasma darah yang lebih ringan berada di bagian atas .

3. Distilasi (penyulingan)

Pemisahan campuran dengan distilasi didasarkan pada perbedaan titik didih zat campuran, mencakup dua tahap proses yaitu pendidihan dan pengembunan. Semakin jauh perbedaan titik didihnya maka semakin mudah campuran tersebut dipisahkan. Contoh pemisahan distilasi adalah memisahkan campuran air the, atau memisahkan air murni dari air laut

4. Kromatografi

Pemisahan campuran atas dasar perbedaan kecepatan merambat atau meresap antara partikel campuran pada medium tertentu disebut kromatografi. Kromatografi memiliki beberapa fungsi. Menguji keamanan konsumsi bahan pewarna pada makanan. Menguji keaslian tinta pada dokumen seperti suratperjanjian, cek, atau giro. Menguji batas aman kandungan pestisida pada buah-buahan dan sayuran.

5. Sublimasi

Prinsip kerja metode sublimasi berpatokan pada perbedaan kemampuan penyubliman (perubahan wujud padat ke wujud gas) pada kandungan campuran zat. Ringkasnya, salah stau zat dapat menyublim, sementara yang lain tidak. Contohnya zat yang dapat menyublim adalah kapur barus, iodin, kafein.

6. Kristalisasi

Kristalisasi adalah cara pemisahan campuran antara zat padat terlarut dalam larutan dengan cara menguapkan pelarutnya. Contohnya, membuat garam dapur dari air laut. Prosesnya memerlukan terik matahari untuk menguapkan air laut yang terdapat dalam tambak-tambak garam di pinggir pantai

Dengan demikian dapat disimpulkan metode pemisahan garam dari air laut yaitu kristalisasi

Tolong Jadikan Jawaban Terbaik :)

Iklan
Iklan