1. Jelaskan bahwa nilai-nilai Pancasila itu merupakan akar identitas nasional masyarakat dan bangsa Indonesia! 2. Jelaskan minimal 5 (lima) nilai-nilai asli yang berkembang dalam masyarakat sehingga menjadi kepribadian bangsa Indonesia? Berikan contohnya masing-masing!​

Iklan
Iklan

Jawaban:

1. Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2016 Tentang Hari Lahir Pacasila menetapkan bahwa tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila. Dengan keputusan Presiden Republik Indonesia tersebut, segenap komponen bangsa dan masyarakat Indonesia berkomitmen untuk memperingati Hari Lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni sebagai bagian dari pengarusutamaan Pancasila dalam seluruh bidang kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

1. Mempererat bangsa Indonesia, memelihara, dan mengukuhkan persatuan dan kesatuan. Fungsi Pancasila ini penting bagi Indonesia karena Pancasila tidak hanya ide atau perenungan satu orang saja, melainkan dirumuskan melalui kesepakatan anak bangsa untuk seluruh bangsa Indonesia.

2. Membimbing dan mengarahkan bangsa menuju tujuannya. Pancasila memberi cita-cita bangsa Indonesia dan menjadi sumber motivasi atau tekad perjuangan mencapai cita-cita pembangunan nasional, yang sekaligus menjadi bentuk pengamalan Pancasila.

3. Menyoroti kenyataan yang ada dan mengkritisi upaya perwujudan cita-cita yang terkandung dalam Pancasila sendiri. Pancasila menjadi ukuran untuk melakukan kritik mengenai keadaan bangsa dan negara Indonesia.

Penjelasan:

maaf kalo salah

Iklan
Iklan