Iklan
Iklan

Penginderaan jauh dapat berfungsi sebagai alat bantu dalam menemukan fakta dengan cara yang lebih efektif dan efisien. Beberapa manfaat penginderaan jauh dalam berbagai bidang kehidupan adalah sebagai berikut.

• Bidang meteorologi dan klimatologi, penginderaan jauh dapat dimanfaatkan untuk mengamati keadaan cuaca dan iklim, memetakan cuaca dan iklim, mengetahui pola angin permukaan, hingga memprediksi cuaca di suatu wilayah.

• Bidang oseanografi dan kelautan, penginderaan jauh bermanfaat untuk mengamati sifat fisis air laut (warna, suhu, dan kadar garam), pasang surut air laut, arus dan gelombang laut, distribusi suhu permukaan, serta abrasi dan sedimentasi yang terjadi di sekitar pantai.

• Bidang hidrologi, penginderaan jauh dapat dimanfaatkan untuk memantau daerah aliran sungai (DAS) dan daerah banjir, memetakan pemanfaatan DAS dan pola aliran sungai, serta mengamati erosi dan sedimentasi yang terjadi di sekitar sungai.

• Bidang geologi, penginderaan jauh bermanfaat untuk menentukan struktur geologi atau lapisan batuan, serta memetakan patahan, perbukitan, dan pegunungan.

• Bidang sumber daya bumi dan lingkungan, penginderaan jauh dapat dimanfaatkan dalam memetakan distribusi sumber daya alam, memperoleh data kerusakan lingkungan, memetakan wilayah pertahanan dan keamanan, serta untuk merencanakan pembangunan wilayah.

• Bidang tata guna lahan, penginderaan jauh bermanfaat untuk memetakan pola penggunaan lahan, memetakan lahan potensial, dan mendeteksi lahan kritis.

• Bidang transportasi, penginderaan jauh dapat dimanfaatkan untuk memetakan jalur transportasi dan mengamati arus lalu lintas transportasi.

Jadi, dapat disimpulkan bahwa penginderaan jauh memiliki banyak manfaat diantaranya pada bidang meteorologi dan klimatologi, oseanografi dan kelautan, hidrologi, geologi, sumber daya bumi dan lingkungan, tata guna lahan, transportasi.

Jadikan Jawaban Terbaik :)

Iklan
Iklan