Hal-hal yang perlu diketahui seorang guru dalam menciptakan/menulis lagu untuk anak SD adalah hal-hal yang berhubungan dengan teori musik, ilmu bentuk dan struktur musik serta penguasaan bahasa dan perkembangan jiwa anak, Jabarkan!

Iklan
Iklan

Penjelasan:

Seni musik merupakan salah satu cabang seni rupa yang menggunakan suara sebagai media penyampaian ekspresi. Seni musik biasanya berhubungan dengan lagu dan menyanyi. Dalam pembelajaran anak Sekolah Dasar ketika guru harus menciptakan lagu untuk siswanya, dalam pembuatan lagu harus memperhatikan hal-hal sebagai berikut :

Melodi berada di wilayah suara anak, dengan memahami wilayah suara anak akan mempermudah anak dalam menyanyikan lagunya sehingga tidak terlalu tinggi maupun rendah nadanya.

Melodi yang digunakan harus mudah dihafal oleh anak, dengan bahasa yang familiar dan melodi yang mudah dihafal akan membuat anak jadi lebih mudah memahami lagu yang dibuat.

Lirik harus baik dan familiar oleh anak, sebaiknya lirik lagu yang digunakan harus bahasa yang familiar dengan anak sehingga dapat dipahami oleh anak-anak apa makna lagunya.

Dengan menyanyikan lagu harus bisa merangsang anak berimajinasi, dengan adanya lagi diharapkan dapat membuat anak menjadi berfikiran kreatif dan berimajinasi dengan apa yang ia nyanyikan.

Contoh-contoh lagu anak-anak diantaranya adalah sebagai berikut :

Pelangi

Lihat Kebunku

Bintang Kecil

Balonku

Nina Bobo

Kasih Ibu

Topi Saya Bundar

Ambilkan Bulan Bu

Burung Kakak Tua

Tik-Tik Bunyi Hujan

Nama-Nama Hari

Iklan
Iklan