Iklan
Iklan

Jawaban:

Sebelum menjawab hubungan antara judul penelitian, rumusan masalah penelitian, dan hipotesis penelitian, ada beberapa hal yang perlu kita ketahui:

1) Topik ini sebenarnya bukan masuk dalam kategori matematika, tapi lebih ke Bahasa Indonesia ya :)

2) Ketiga komponen ini merupakan bagian dari laporan penelitian. Yang dimaksud dengan laporan penelitian adalah suatu laporan atau makalah resmi yang disusun dengan mengikuti pedoman atau tata cara khusus dalam melaporkan penelitian yang telah dilakukan.

Setiap laporan penelitian diawali dengan judul penelitian. Judul penelitian memberikan gambaran kepada setiap pembaca laporan perihal:

- Jenis penelitian yang dilakukan

- Pihak yang melakukan penelitian

- Masalah yang diteliti.

Dengan kata lain, lewat judul penelitian, setiap pembaca laporan bisa memperoleh informasi singkat tentang penelitian seperti apa yang akan dilaporkan.

Sementara itu, bagian lain dalam laporan tersebut adalah rumusan masalah penelitian. Setelah melalui sedikit pengantar, daftar isi, dan daftar tabel, pembaca diarahkan pada rumusan masalah penelitian. Pada bagian ini, pembaca dihadapkan pada masalah yang dipilih oleh sang peneliti dan ingin dipelajari lebih lanjut. Dengan kata lain, disinilah sang peneliti memberikan pembahasan lebih detil dari judul laporan. Setiap aspek masalah yang menarik diberikan disini.

Aspek selanjutnya adalah hipotesis penelitian. Setelah memeriksa masalah dan melakukan penelitian, sang peneliti BISA sampai pada suatu tahap yang disebut dengan hipotesis penelitian. Hipotesis sifatnya dugaan, jadi bisa benar bisa salah. Oleh karena itu, sebelum dijadikan simpulan dari penelitian, hipotesis harus diuji dahulu bahkan bisa hingga mencapai berkali-kali untuk memastikan validitasnya.

Penjelasan:

Iklan
Iklan