2. Berikut yang bukan merupakan syarat kesehatan yang harus dipenuhi dalam pengurusan surat izin tempat usaha adalah a. harus menjaga kebersihan dan kesehatan di dalam dan di sekitar kegiatan usaha b. mencegah kemungkinan terjadinya pencemaran lingkungan c. menyediakan alat-alat pertolongan pertama pada kecelakaan (K3) d. tidak menyimpan barang di fasilitas umum sampah​

Iklan
Iklan

Jawaban:

BukuKas

BukuKas

Blog

Mulai Berbisnis

Izin Usaha

SITU (Surat Izin Tempat Usaha) : Pengertian, Syarat, dan Cara Pembuatannya

SITU (Surat Izin Tempat Usaha) : Pengertian, Syarat, dan Cara Pembuatannya

Posted by BukuKas

12 August 2020

Surat Izin Tempat Usaha (SITU) : Pengertian, Syarat, dan Cara Pembuatannya

Surat Izin Tempat Usaha (SITU) merupakan salah satu surat wajib yang harus dimiliki oleh perusahaan, selain dari Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP), agar perusahaan tersebut sah dimata hukum. Tanpa kedua surat tersebut, suatu kantor atau perusahaan bisa dikatakan ilegal, bahkan bisa dibubarkan dan digusur secara paksa. Apa sebenarnya SITU? Apa perbedaannya dengan SIUP? Bagaimana persyaratan dan cara pembuatannya? Simak penjelasannya di bawah ini.

Pengertian SITU

SITU merupakan surat yang dikeluarkan untuk suatu badan usaha, perusahaan, perseorangan yang membuka tempat usaha. Surat izin tempat usaha atau SITU ini dikeluarkan oleh badan hukum yang lokasinya berdekatan dengan tempat usaha atau perusahaan tersebut.

Surat ini dibuat untuk menyatakan bahwa badan usaha, perusahaan atau tempat usaha tersebut menjalankan usaha yang sudah sesuai dengan ketentuan tata ruang wilayah di sekitar lokasi usaha. Selain itu, surat izin ini juga dapat digunakan untuk penanaman modal di tempat usaha atau perusahaan tersebut.

Dasar hukum SITU biasanya dikeluarkan oleh Pemerintah Daerah yang berupa Perda. Pada perda tersebut diatur bagaimana proses untuk dapat memperoleh SITU dan informasi lainnya sesuai daerah masing-masing.

SITU akan selesai diproses dalam jangka waktu 5 hari kerja setelah syarat telah lengkap. Pada umumnya, SITU berlaku selama 3 tahun dan dapat diperpanjang apabila telah memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan sepanjang subyek dan obyek tidak mengalami perubahan.

Perusahaan atau badan usaha yang mempunyai SITU tidak akan terkena masalah di kemudian hari karena sudah ada surat hukum yang menaungi. SITU ini dapat diurus saat akan mendirikan tempat usaha atau perusahaan. Mempunyai surat izin ini merupakan suatu kewajiban yang harus dilakukan oleh pemilik usaha, sesuai dengan Peraturan Pemerintah. Kepemilikan SITU akan mempermudah urusan pekerjaan sehingga tidak menimbulkan gangguan yang bisa merugikan pihak manapun.

Perbedaan SITU dengan SIUP

SIUP memuat perizinan untuk melakukan kegiatan usaha yang berkaitan dengan perdagangan barang dan jasa. SIUP dikeluarkan oleh Pemerintah dengan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota atau wilayah yang sesuai dengan tempat usaha atau perusahaan tersebut berada. SIUP juga merupakan surat yang harus dimiliki untuk mendirikan tempat usaha atau perusahaan, dan untuk berbagai kegiatan perdagangan, termasuk lelang yang diselenggarakan oleh pemerintah, serta ekspor-impor.

Sedangkan SITU, seperti dijelaskan sebelumnya, lebih berkaitan dengan aturan mengenai lokasi usaha dan tata ruang di wilayah tersebut. SITU dibuat untuk menyatakan bahwa suatu badan usaha, perusahaan atau tempat usaha tersebut : Paling lama 5 (lima) hari kerja sejak persyaratan tersebut dinyatakan lengkap.

dan Cara Pembuatan

Tanda Daftar Perusahaan (TDP) : Peng

  • msauqihabibie1210
    ay
  • msauqihabibie1210
    ayang
  • yasminlaili249
    iyh apa
  • yasminlaili249
    mbb
  • yasminlaili249
    maaf bru bls

Iklan
Iklan