Mengapa Harus Hemat Listrik? Hampir semua kegiatan manusia di era globalisasi ini butuhkan energi listrik,
mulai dari kegiatan rumah tangga, perkantoran, pertokoan, pabrik/industri,
bahkan aktivitas pribadi pun memerlukan tenaga listrik. Tanpa listrik kita gak
bisa bayangin gimana jadinya hidup ini. Namun, dibalik manfaatnya, energi
listrik ternyata juga memiliki dampak negatif bagi kehidupan di Bumi jika kita
menggunakannya secara berlebihan.Dampak dari pemborosan energi sebenarnya sudah kita rasakan dengan
meningkatnya suhu Bumi, atau yang biasa disebut sebagai pemanasan global.
Meningkatnya suhu Bumi antara lain gara-gara gas buangan dari produk
elektronik seperti AC dan kulkas, serta gas hasil pembakaran dari kendaraan
bermotor. Kondisi tersebut diperparah dengan semakin berkurangnya lahan
hijau yang berfungsi sebagai pencuci udara kotor tersebut. Pemanasan global
bikin cuaca tidak teratur, musim panas yang panjang banget hingga berakibat
kekeringan di mana-mana. Kemudian mencairnya pegunungan es di belahan
bumi utara dan selatan yang akan tenggelamkan sebagian besar daratan.
Kalo hal ini terus terjadi, maka manusia bakal terancam habitatnya gara-gara
pemanasan global.Buat menghindari pemanasan global, maka salah satu cara yang bisa dilakukan
yaitu dengan melakukan sikap hidup hemat listrik. Contoh gampangnya yang
bisa kita lakukan adalah:Pilih peralatan hemat energi, kayak mengganti lampu pijar dengan lampu
hemat energi.
Pahami lingkungan sekitar kita. Jika menjadi orang terakhir di ruangan,
pastikan kalo udah matiin semua peralatan listrik yang gak dipakai (lampu,
kipas angin, tape, tv, dll.) sebelum meninggalkan ruangan.
Dengan melakukan hal tersebut berarti kita telah menyelamatkan bumi kita
secara nyata. Kita bisa bayangkan berapa besar energi listrik yang kita hemat
dengan melakukan gerakan hemat energi.


tolong jawab yak kak GPP kalo ngomong "maaf kalo salah"​

Iklan
Iklan