Iklan
Iklan

Jawaban:

1. Usaha industri.

2. Usaha perdagangan.

3. Usaha jasa.

4. Usaha ekstraktif.

5. Usaha agraris.

Penjelasan:

Pengertian industri adalah suatu usaha atau kegiatan pengolahan bahan mentah atau barang setengah jadi menjadi barang jadi yang memiliki nilai tambah untuk memperoleh keuntungan. Industri barang contohnya mobil, pakaian, sepatu, sepeda motor, pupuk, makanan, dan lain-lain.

Usaha perdagangan termasuk jenis usaha untuk mengumpulkan dan menjual kembali hasil produksi. Tujuan dari usaha ini untuk memperoleh keuntungan. Keuntungan yang didapat dihitung dari biaya operasional dan distribusi. Usaha di bidang perdagangan di lingkungan sekitar contohnya membuka toko, supermarket, dan kios.

Usaha dibidang jasa adalah usaha yang tidak menghasilkannya produk tetapi menghasilkan jasa , seperti ilmu atau suatu keahlian dalam bidang tertentu, upah yang diterima akan sesuai dengan jasa yang telah dilakukan. Contoh penjahit, guru, dosen, dokter dan lainnya.

Usaha ekstraktif adalah jenis perusahaan yang memiliki peran penting dalam pasar global. ekstraksi bahan mentah dari bumi. Misalnya, minyak, logam, mineral, dan agregat/komposit, sekaligus pengolahan, dan pemanfaatannya untuk pelanggan. Jadi, usaha ini meliputi pengelolaan sumber daya alam.

Perusahaan agraris mengelola tanah dan memanfaatkan sumber daya alam yang ada untuk memperoleh hasil. Contoh perusahaan agraris adalah perusahaan di bidang pertanian, perkebunan, peternakan, dan perikanan darat. Pertanian dan perkebunan mengolah tanah untuk ditanami komoditas berharga.

Semoga membantu-!!

Jadikan jawaban tercerdas ya-!!

  • queendhaniela
    ok terimakasih

Iklan
Iklan