Budaya Bersepeda Sepeda merupakan alat transportasi yang sering digunakan oleh masyarakat dari masa penjajahan sampai masa kemerdekaan seperti saat ini. Sepeda tidak mengenal batas derajat sosial seseorang karena disukai oleh rakyat sampai pejabat. Bahkan, sepeda bisa menembus batas wilayah karena keberadaannya bisa ditemukan di kota dan di desa.

Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, kegemaran masyarakat untuk menggunakan sepeda menjadi berkurang ditelan zaman. Masyarakat lebih suka menggunakan kendaraan yang lebih modern, lebih cepat dan lebih menghemat waktu. Berbagai kendaraan seperti motor dan mobil telah menjadi raja jalanan yang menguasai sepanjang jalan raya sampa jalan desa.

Akibatnya adalah polusi udara yang telah mencemari lingkungan dan kemacetan yang tak terhindarkan. Menggunakan kendaraan modern seperti saat ini memang tidak bisa disalahkan karena hal itu telah membantu aktivitas manusia. Akan tetapi, kurang bijak rasanya apabila seseorang terlalu memaksakan diri untuk memiliki kendaraan seperti motor dan mobil namun hanya sekedar gengsi dan ambisi. Kalau memang aktivitas kita bisa dijangkau oleh sepeda maka kenapa tidak kita menggunakannya. Dengan beraktivitas menggunakan sepeda maka banyak manfaat yang bisa kita dapatkan. Bersepeda bisa membuat badan kita sehat karena bersepeda seperti berolahraga, tidak menimbulkan polusi udara sehingga ramah lingkungan dan bisa hemat biaya.

Budaya bersepeda harus selalu dilestarikan ditengah arus kendaraan modern yang menguasai jalanan. Masyarakat harus sadar akan manfaat yang bisa didapatkan dengan menggunakan sepeda dalam menjalankan aktivitasnya sehari-hari. Para orangtua juga tidak perlu memanjakan anaknya secara berlebihan untuk membelikan mereka kendaraan seperti motor atau mobil yang hanya digunakan untuk pergi ke sekolah.

Selain itu, pemerintah bisa membuat jalur khusus dijalan raya bagi para pengendara sepeda agar tidak terjadi “rebutan” jalan antara pengendara sepeda dengan pengendara motor maupun mobil. Dengan adanya jalur khusus ini juga diharapkan dapat mengurangi arus kemacetan dan bisa menghindari terjadinya kecelakaan serta dapat menarik minat masyarakat untuk menggunakan sepeda dalam aktivitasnya. Semoga budaya bersepeda kembali ramai menghiasi keindahan kota sehingga lingkungan pun ikut tersenyum.

Tentukan ide pokok, gagasan utama dan kalimat penjelas dari teks tersebut!​

Iklan
Iklan